Rabu, 09 Maret 2016

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Antara Ada dan Tiada

Jumat, 4 Maret 2016 yang lalu, diadakan sebuah kegiatan yang mengusung tema Pendahuluan Bela Negara bagi siswa-siswi SD yang diselenggarakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) setempat. Kegiatan itu tidak semata-mata penyampaian materi teoretis kepada anak-anak usia SD, tetapi dibungkus dengan atraksi akrobatik, maupun kesenian daerah yang berunsur ketahanan fisik maupun mental, seperti Sintren, Debus, dan lain-lain. Tentu saja hal ini disambut dengan gegap gempita, bahkan anak-anak yang sedang melaksanakan UTS pada hari Senin sampai Kamis pun tidak sabar menunggu datangnya hari Jumat... :P

Ada beberapa hal yang sangat menggelitik, bahkan menampar naluri saya saat kegiatan tersebut berlangsung. Acara dibuka dengan tampilnya Pak Tentara dengan segenggam amplop putih yang dikatakannya berisi uang. Beliau bertanya, "Siapa yang mau uang?".

Spontan seluruh anak-anak bergemuruh lantang menjawab serentak, "Sayaaaa!!!!!" :D

Saya pun tersenyum dalam hati.

Pak Tentara menyampaikan beliau perlu masing-masing satu anak di setiap penjuru Timur, Barat, Selatan, dan Utara...tapi, yang datang berjibun hingga ada yang menjegal kaki temannya agar dia bisa berdiri di sana sebagai kandidat penerima angpau. Lalu, Pak Tentara pun bilang bahwa teknik angpau ini juga bakal manjur untuk mengajak warga kampung agar semangat berangkat kerja bakti, dll... :P

Sekali lagi saya tersenyum kecut. 

Tiba saatnya Pak Tentara membagi angpau, tetapi beliau bilang akan memberi kuis yang harus dijawab dengan tepat sebagai hadiahnya nanti akan mendapatkan angpau. Pertanyaannya cukup mudah dan pasti sudah disampaikan oleh bapak/ibu guru di sekolah (kalo gak lupa :P).
1. Sebutkan bunyi Pancasila sila ke empat!
2. Apa lambang negara Republik Indonesia?
3. Dilambangkan dengan lambang apakah sila Kemanusiaan Yang Adil Beradab?
4. Apakah dasar negara Republik Indonesia?
5. Apakah makna Bhineka Tunggal Ika?
Dan hasilnyaaaa....... Tak satu pun siswa dari masing-masing penjuru mampu menjawabnya!!!

Merah padam muka saya bagai ditampar tentara satu batalion!!

Berikutnya, Pak Tentara memberi pertanyaan
  1. Siapa penyanyi yang terkenal dengan goyang Maju Mundur Maju Mundur Cantikk...cantikk?
  2. Siapa vokalis Band Peterpan yang sekarang menjadi Band Noah?
  3. Siapakah mantan istri Saiful Jamil?
  4. Siapakah istri Anang?
  5. Siapa penyanyi Belah Duren yang memiliki body paling seksi di Indonesia?  
Dan, semua pertanyaan itupun dijawab dengan SANGAT AKURAT oleh anak-anak itu!

Saya menarik napas panjang, rasanya perih dalam hati ini.... :(
Berjanjilah agar Merah Putih tetap berkibar di Bumi Indonesia

Adegan yang disajikan tadi benar-benar membuka bahkan kalau meminjam istilah Jawa "NYELEKNE MATA" atau dibukakan lebar-lebar. Bahwa sudah saatnya kita melindungi asset bangsa yaitu generasi muda agar tidak terlalu jauh meninggalkan rasa nasionalisme mereka yang setiap saat dihantam oleh pengaruh-pengaruh negatif. Bagaimana Indonesia di masa akan datang bila ada di tangan generasi yang tidak mengenal siapa Indonesia, dasar negaranya, lambang negaranya, dan semangat kecintaan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia??

Kali ini saya pun benar-benar menangis.... ;'(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar